Ini Perubahan Penamaan Jabatan di Polri

Kabag Penum Divisi Hubungan Masyarakat Polri Kombes Pol Martinus Sitompul.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dian Tami

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan perubahan nomenklatur atau penamaan jabatan dan penambahan satuan kerja baru di lingkungan Korps Bhayangkara.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian Nomor ST/261/II/2017 tanggal 3 Februari 2016, yang ditandatangani Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, merinci beberapa jabatan yang mengalami perubahan. Di antaranya, jabatan Kepala Lembaga Pendidikan dan Kepolisian (Kalemdikpol) menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Komisaris Jenderal Polisi Moechgiyarto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lemdikpol Polri dikukuhkan sebagai Kepala Lemdiklat Polri.

Jabatan Asisten Sarana dan Prasarana (Assarpas) menjadi Asisten Logistik (Aslog). Jabatan itu diisi Inspektur Jenderal Polisi Eko Hadi Sutedjo.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Kemudian, jabatan baru Kepala Sub Direktorat Siber yang berada di Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri, kini menjadi direktorat sendiri, yaitu Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Jabatan ini diisi oleh Komisaris Besar Polisi Muhammad Fadil Imran.

"Nantinya akan dijabat perwira berpangkat Brigadir Jenderal Polisi," kata Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2017.

Selanjutnya, Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kasubdit Kamsel) Korps Lalu Lintas Polri, kini berubah menjadi Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas Polri. Posisi ini dijabat Komisaris Besar Polisi Chrysnanda Dwilaksana. Nantinya, menurut Martinus, perwira yang menduduki jabatan tersebut berpangkat jenderal bintang satu.

Ada juga penambahan satuan kerja baru yaitu Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam). Posisi ini dijabat Komisaris Besar Polisi Irlan.

Perubahan jabatan lainnya, Kepala Korps Brigade Mobil (Kakorbrimob) Polri menjadi Komandan Brimob. Posisi ini tetap dijabat Inspektur Jenderal Polisi Murad Ismail.

Selain itu, ada penambahan satu unit kerja baru Kepala Biro Multimedia Divisi Hubungan Masyarakat Polri. Jabatan ini dipegang Brigadir Jenderal Polisi Yan Fitri Halimansyah.

Perubahan nomenklatur lainya yaitu, jabatan Kepala Divisi Teknologi Informasi Polri, kini menjadi Kepala Divisi TIK Polri yang dijabat Inspektur Jenderal Polisi Wahyu Hidayat.

Menurut Martinus, untuk beberapa jabatan di lingkungan Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri juga mengalami perubahan.  

Di antaranya Direktur Sabhara (Samapta Bhayangkara) menjadi Kepala Korps Sabhara, Direktur Pembinaan Masyarakat menjadi Kepala Korps Binmas, Direktur Satwa menjadi Direktur Polisi Satwa Korps Sabhara Polri, dan Direktur Polisi Air Baharkam Polri menjadi Kakorpolairud. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya