Menhub: Jangan Menunggu Ada Kejadian Baru Bertindak

Petugas Basarnas melakukan proses evakuasi korban runtuhnya Gedung Heaven, Sabtu (18/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (dulu Basarnas) untuk mengambil tindakan preventif pada saat tidak ada kejadian karena menurutnya tindakan preventif itu akan baik untuk dilakukan.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

“Saya berkeinginan untuk memberikan tugas (BNPP) untuk (melakukan) upaya-upaya preventif, kalau kita sudah melakukan preventif kalau sampai terjadi kita tahu potret-potretnya,” ujar Menhub usai melantik Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Rabu 1 Februari 2017.

Marsekal Muda Muhammad Syaugi dilantik untuk menggantikan posisi Marsekal Madya F. Henry Bambang Sulistyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas).

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Budi menjelaskan, sebelumnya bersama BNPP telah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang memiliki potensi kejadian (rawan bencana). Ia ingin dengan adanya pemetaan ini maka akan dapat menjadi perhatian pemerintah untuk mengantisipasi kejadian di wilayah yang rawan kejadian.

“Kami kemarin sempat diskusi, kelihatan memang laut dan timur itu yang paling sensitif oleh karenanya bersama dengan program dari Kemenhub untuk take care and bright melayani pelayaran rakyat. Kalau kita lengah maka ini seperti hal yang seolah-olah kita tidak tanggung jawab padahal itu menjadi tanggung jawab kita,” ujar Menhub melalui keterangan tertulis.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Ke depan, Budi meminta agar dilakukan penguatan koordinasi serta sinergi pihak-pihak terkait agar nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Pada kesempatan yang sama Menhub juga meminta kepada pejabat yang baru untuk menambah utilitas pada sarana dan prasana terkait kegiatan search and rescue.

Ditemui usai pelantikan Syaugi mengatakan akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan sebelumnya. Sesuai arahan Menhub, pihaknya akan menjalankan program pencegahan yang menurutnya dapat meminimalisasi kecelakaan. (mus)

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024