Demokrat Bantah Isu Agus Cagub Jatim jika Gagal di DKI

 Gubernur Jawa Timur, Soekarwo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Tudji Martudji

VIVA.co.id - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono, diisukan bakal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 jika gagal meraih suara terbanyak di Pilkada DKI Jakarta. Bahkan, rumor berkembang, pencalonan Agus di Pilkada DKI hanya uji politik menuju Pilkada Jatim.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Agus memiliki darah Jawa Timur, meski dilahirkan di Bandung, Jawa Barat. Dia adalah sulung dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sekarang memimpin Partai Demokrat, yang berasal dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Asal-usul dari sang ayah membuka pintu bagi Agus untuk berkiprah di Jatim.

Namun, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, membantah isu itu. "Itu tidak benar. Demokrat akan mengusung calon beridentitas Jawa Timur," katanya di kantor Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Surabaya, pada Selasa, 31 Januari 2017.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

Tiga nama, kata Seokarwo, tengah dibahas untuk diusung di Pilkada Jatim. Nama-nama itu akan disorongkan ke Dewan Pimpinan Pusat untuk diputuskan siapa yang akan diusung. Sayang, Gubernur Jatim kelahiran Madiun itu enggan membocorkan tiga sosok dimaksud. "Februari ini dibawa ke DPP," ujarnya.

Pilkada Jatim dijadwalkan digelar pada Februari 2018. Kendati masih setahun lagi, gaungnya mulai terasa di publik. Sejumlah nama mulai berseliweran akan maju. Dua nama paling santer terdengar akan maju di Pilkada Jatim, yakni Khofifah Indar Parawansa (menteri Sosial) dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (wagub Jatim).

Demokrat NTT Mulai Gaungkan AHY Jadi Calon Presiden 2024

Khofifah dan Gus Ipul juga masuk dalam radar Partai Amanat Nasional (PAN). Itu disampaikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, saat menghadiri pelantikan pengurus DPD PAN Jatim pekan lalu. Dua nama lain yang dipertimbangkan ialah kader PAN, Masfuk (mantan bupati Lamongan) dan Suyoto (bupati Bojonegoro).

Selain nama-nama itu, sosok lain yang senyap-senyap muncul di rumor Pilkada Jatim ialah Tri Rismaharini alias Risma (wali kota Surabaya), Abdullah Azwar Anas (bupati Banyuwangi), suami Arumi Bachsin, Emil Dardak (bupati Trenggalek), Hasan Aminudin (nggota DPR RI), dan Abdul Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menikmati malam Minggu (malming) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Februari 2022.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

AHY menikmati malam Minggu bersama Wali Kota Surabaya di Tunjungan Plaza Surabaya. Di sana, keduanya dan rombongan menikmatik kuliner khas Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022