Jokowi Singgung Kematian 3 Mahasiswa UII Peserta Diksar

Presiden Joko Widodo dan Gubernur DIY Sultan HB X di Kulonprogo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kematian tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia usai melakukan pendidikan dasar Mapala UII mendapatkan perhatian khusus Presiden Joko Widodo. Itu disampaikan Jokowi di sela-sela groundbreaking NYIA (New Yogyakarta International Airport) di Kuloprogo, Yogyakarta.

Dosen UII Ternyata Delapan Kali Bolak-balik AS, Polri Belum Terbitkan Yellow Notice

Mantan Gubernur DKI mengatakan di mana pun yang namanya pendidikan dasar yang terukur bukan kekerasan apalagidengan kekerasan bahkan menyebabkan kematian maka itu tindakan kriminal.

"Di mana pun, di perguruan tinggi mana pun, di unversitas mana pun tidak boleh ada kekerasan seperti," kata Jokowi, Jumat 27 Januari 2017.

Irjen Krishna Murti Ungkap Dosen UII Sempat Beli Tiket ke Boston saat Masih di Jakarta

Maka, Jokowi mengungkapkan evaluasi akan dilakukan Menristek Dikti. "Nanti tanya Menristek Dikti ya," katanya.

Dugaan praktik kekerasan disertai penganiayaan di UII mencuat setelah tewasnya tiga mahasiswa peserta latihan di Mapala UNISI pada 20 Januari 2017.

Jejak Digital Dosen UII yang Hilang Terakhir Berada di Istanbul

Ketiga mahasiswa yang tewas diduga mengalami kekerasan selama mengikuti kegiatan Mapala UNISI. Tak cuma itu, dari 34 peserta lain sebanyak 10 orang diantaranya terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Imbas insiden maut itu, Rektor UII Harsoyo mengundurkan diri dari jabatannya itu pada Kamis 26 Januari. Harsoyo mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral atas kejadian meninggalnya tiga mahasiswa itu. (ren)

Irjen Krishna Murti

Irjen Krishna Murti : Dosen UII Beli Nomor Telepon di AS, Tapi Enggak Nyala

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama sempat mendapatkan nomor teleponnya di Boston, AS, tapi tidak aktif.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2023