Mahasiswa Bogor Bakar Bendera Malaysia

VIVAnews – Bendera negara Malaysia kembali dibakar di Indonesia. Kali ini, mahasiswa Universitas Pakuan Bogor membakar bendera Malaysia di hadapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.

Mahasiswa membakar di depan Kantor DPRD Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 September 2009. Massa berkerumun di depan kantor DPRD Kota Bogor sambil terus menerisakkan orasi.

Blarr.. Api pun menyulut bendera Malaysia. Bendera pun ludes dalam sekejap. Dalam aksinya, mahasiswa juga mendesak agar DPRD yang baru terpilih dapat mendorong pemerintah untuk memutuskan hubungan diplomatis dengan negara Malaysia.

Koordinator lapangan mahasiswa Universitas Pakuan, Yohanes, mengatakan, permasalahan dengan negara Malaysia sudah lama terjadi. Dia menilai, permasalahan soal harga diri bangsa bukan hanya sekali ini saja terjadi.

"Selama ini kami lihat pemerintah Indonesia menutup mata dan membiarkan Malaysia menginjak-injak," kata dia.

Permasalahan yang dimaksud itu mulai dari TKI yang tak kunjung selesai, pengkhianatan budaya Indonesia-Malaysia, pencaplokan batas wilayah Indonesia. "Dan yang terakhir lagu kebangsaan Negara Republik Indonesia yang telah dilecehkan oleh Malaysia," ungkap dia kepada anggota dewan yang menerimanya.

Andi Surya Wijaya, salah satu anggota DPRD Kota Bogor yang menerima mahasiswa mengatakan, dewan sangat mendukung aksi mahasiswa ini yang menentang keras Malaysia. Menurut Andi, memang Malaysia telah melecehkan negara Indonesia.

"Permasalahan ini kami serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah untuk menyelesaikan. Namun kami tidak mungkin memutuskan dengan negara Malaysia. Karena, kita saling mempunyai kepentingan untuk kerjasama," tegas dia.
 
Pembakaran bendera Malaysia bukan sekali ini terjadi. Massa dari Front Kedaultan NKRI pada Senin 31 Agustus 2009 menggelar aksi di depan Radio Republik Indonesia (RRI) di Jalan pemuda, Surabaya. Mereka pun membakar bendera Malaysia.

Ratusan orang yang tergabung dalam Barisan Rakyat Bela Nusa Bangsa (Bara Benusa) Sukoharjo juga membakar dua bendera Malaysia. Pembakaran dilakukan di alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, 2 September 2009.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Laporan: Ayatullah Humaeni l Bogor

ismoko.widjaya@vivanews.com

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA


Berita Terfavorit:
1. Anang Terima Gugatan Cerai KD
2. Korban Berjatuhan di Tangga Darurat
3. Berba Mulai Mengenal Setan Merah Lainnya
4. Menkeu Sindir Banyak Orang Sudah Lupa Krisis
5. Chelsea Umumkan Skuad Liga Champions

Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024