Didampingi Hotman, Chin Chin Laporkan Suami dan Rekannya

Hotman Paris Hutapea dan kliennya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA.co.id – Trisulowati Jusuf alias Chin Chin (46 tahun) betul-betul melakukan membuktikan perlawanannya. Warga Jalan Kedungsari Surabaya, Jawa Timur, itu melaporkan balik suaminya, Gunawan Angka Widjaja, ke Kepolisian Daerah  Jawa Timur.

Dituduh Lakukan Penipuan Senilai Rp1,8 Miliar, Vicky Prasetyo Gak Terima

Chin Chin tiba di SPKT Markas Polda Jatim di Jalan A Yani Surabaya, Jawa Timur, dengan didampingi tim kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea dan rekan pada Selasa siang, 24 Januari 2017. Laporan masuk dengan nomor: LPB/100/I/2017/UM/SPKT POLDA JATIM dan LPB/101/I/2017/UM/SPKT POLDA JATIM.

"Hari ini yang kita laporkan semuanya ada tujuh orang. Terkait tindak pidana memberikan keterangan palsu dalam akte autentik," kata Hotman Paris Hutapea kepada wartawan.

10 Negara dengan Jumlah Penipuan Terbanyak, Indonesia?

Mereka yang dilaporkan Chin Chin itu ialah suaminya, Gunawan Angka Widjaja, rekan-rekan Gunawan di perusahaannya, Edward Suharto Joyo Santoso, Saud Usman Nasution, Budi Santosa, Soegiarto Angka Widjaja, dan Rachmat Suharto alias Steven Roy, serta pengacara Gunawan, Teguh Suharto Utomo.

Keterangan palsu dimaksud berkaitan dengan digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan RUPS Luar Biasa PT Blauran Cahaya Mulya (BCM) dan PT Dipta Wimala Bahagia pada 1 September 2016. Rapat itu mengeluarkan keputusan melengserkan Chin Chin sebagai direktur utama dua perusahaan itu.

Yadi Sembako Terancam 6 Tahun Penjara Imbas Dugaan Kasus Penipuan

Menurut Hotman, ada poin-poin keterangan yang tidak benar tercatat pada akte tersebut. Di antaranya terkait belum terbayarnya angsuran perusahaan ke Bank Tabungan Negara sebesar Rp7,8 miliar dan ke BCA Rp600 juta selama dipimpin Chin Chin. "Itu tidak benar dan dipakai alasan untuk memecat klien saya," ujarnya.

Kuasa hukum Gunawan, Teguh Suharto Utomo, enggan menanggapi rinci terkait laporan balik Chin Chin tersebut. Dia hanya mengatakan tengah bersiap-siap membuat laporan balik lagi. "Kita akan laporkan 10 sampai 15 laporan," ujarnya melalui pesan singkat kepada VIVA.co.id.

Sebelumnya, Teguh menjelaskan bahwa pihaknya prihatin kepada Gunawan karena itu ia mendampingi secara hukum. Ia mengaku keluarganya dengan keluarga Gunawan-Chin Chin sebetulnya sudah lama berhubungan baik. "Uang perusahaan banyak diambil Chin Chin," ucapnya.

Teguh juga menyesalkan Chin Chin karena menyalahgunakan kepercayaannya. Dia mengaku membeli empat rumah toko di PT Dipta saat dipimpin Chin Chin, tapi sampai sekarang belum diserahkan, kendati sudah membayar Rp700 juta. "Orang biasanya menipu saat hubungan baik-baik saja," ujarnya.

Cerita Chin Chin jadi perhatian setelah penahanannya ditangguhkan oleh hakim. Dua anaknya, James dan Lawrence, menangis haru di pelukan sang ibu kala hakim mengabulkan pengalihan Chin Chin dari penjara ke tahanan kota. Ahli anak, Kak Seto, ikut mendampingi anak Chin Chin.

Belakangan, pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea, bergabung jadi kuasa hukum wanita kelahiran Blitar itu. Hotman menilai Chin Chin tak memperoleh keadilan dari aparat penegak hukum di Surabaya. "Ini permainan terang-terangan. Kalau main yang cantiklah," ujarnya pada Rabu, 18 Januari 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya