Gempa Sukabumi Akibat Patahan Batuan Bawah Laut

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter tercatat mengguncang wilayah Selatan Sukabumi, Jawa Barat, Senin, 23 Januari 2017, sekira pukul 13.12 WIB.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Gempa ini berpusat di 210 kilometer barat daya Kota Sukabumi, dengan kedalaman 20 kilometer.

Analisa Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di laut ini tidak berpotensi merusak, namun bisa dirasakan oleh beberapa orang.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

"Penyebab gempa bumi ini adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, dengan laju 61 milimeter per tahun dan menyebabkan deformasi, atau patahan batuan," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan persnya.

Gempa bumi ini, termasuk dalam klasifikasi subduksi berkedalaman dangkal yang di zona megathrust yang tidak membahayakan.

Giliran Pangandaran Digoyang Gempa, Terasa Sampai Banyumas dan Kebumen

Meskipun gempa bumi ini terjadi di laut dengan kedalaman dangkal, tetapi hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

"Kepada warga di pesisir pantai Sukabumi dan sekitarnya diimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya