Baru Terbang 1 Jam, Express Air Balik Lagi ke Soekarno-Hatta

Express Air di bandara Matahora Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru

VIVA.co.id – Pesawat Express Air XZ 812 RTB, rute Jakarta-Sorong, kembali lagi ke Bandara Soekarno-Hatta (Soeta), Tangerang, setelah satu jam lepas landas. Peristiwa itu terjadi pada Minggu dinihari tadi. 

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Pilot terpaksa mengarahkan kembali pesawat ke bandara dikarenakan ada masalah dengan perangkat pressurized  – yaitu alat yang digunakan untuk menyesuaikan tekanan udara di kabin. Akibatnya lima penumpang mengalami mimisan atau keluar darah dari hidung.  Pesawat berpenumpang 111 orang. 

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dari Kementerian Perhubungan, Agoes Subagio, mengungkapkan pesawat Express Air tersebut mengalami masalah pada pressurized.  

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Akibat ada masalah di pressurized menyebabkan oksigen berkurang di kabin. Akhirnya pilot memutuskan untuk membawa pesawat kembali lagi ke bandara Soeta," kata Bambang saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu 22 Januari 2017. 

Saat ini, sambungnya, pesawat tersebut tidak digunakan lagi dan sudah masuk ke hanggar. Sementara para penumpang dikatakan sudah mendapatkan hak-haknya. "

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

"Ada penumpang yang minta refund ada juga yang diinapkan di hotel. Sementara penumpang yang terganggu kesehatannya sudah dirujuk ke klinik di luar bandara," ujarnya. 

Sementara itu Direktur Komersial Express Air, Suwandono dalam keterangannya mengatakan penumpang sudah mendapatkan haknya dan ada yang diinapkan di hotel sekitar Bandara Soeta. 

Selanjutnya penumpang akan diberangkatkan kembali ke Sorong malam nanti dengan pesawat yang  berbeda.  (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya