Tsunami Gempa Besar Papua Nugini Tak Terjang Indonesia

Gempa bumi 8.0 SR di Timur Papua.
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa besar yang terjadi di Kepulauan Solomon, Papua Nugini, tidak bakal memicu terjadinya gelombang tsunami di Indonesia.

Australia Hentikan Proses Pencari Suaka di Papua Nugini, Ada Apa?

Menurut BMKG melalui keterangan tertulisnya, berdasarkan informasi yang diterima dari Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) gelombang tsunami diperkirakan hanya akan terjadi di wilayah sekitar titik gempa yakni sekitar wilayah Kieta, Amun, Rabaul (Papua Nugini) dan Panggoe, Falamae dan Ghatere (Kepulauan Solomon).

Berdasarkan informasi itu, BMKG meminta masyarakat pesisir di wilayah Indonesia supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

KKB Pimpinan Lamek Tablo Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok

Sebelumnya dikabarkan, gempa besar berkekuatan 8,0 SR mengguncang wilayah Kepulauan Solomon, Papua Nugini. Tapi, kekuatan gempa diperbaharui USGS dari 8,0 SR menjadi 7,9 SR.

Berdasarkan informasi United States Geological Survey (USGS), Badan Survei Geologi Amerika Serikat. Gempa terjadi pukul 04.30.24 waktu setempat.

Penangkapan Dua Anggota KSB di Papua Bermula dari Perahu Mencurigakan

USGS menyebutkan, pusat gempa berada pada koordinat 6.267°S 155.119°E dan guncangan gempa berpotensi menyebabkan muncul gelombang tsunami. 

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw

Suplai Senjata KKB Penembak Mati Sertu Ari Diduga dari Papua Nugini

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge baku tembak dengan prajurit TNI dan menyebabkan satu prajurit TNI gugur.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021