BPK Periksa Penggunaan Keuangan KPK 2016

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Rombongan Badan Pemeriksa Keuangan mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, 20 Januari 2017.

BPK Temukan 33 Ruas Jalan Tol Belum Bersertifikat

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif mengatakan, kedatangan tim BPK ini untuk memeriksa laporan keuangan lembaga antikorupsi itu satu tahun terakhir ini. 

"Kedatangan beliau-beliau ini untuk pemeriksaan laporan keuangan KPK tahun 2016," kata Laode di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Komisi VII DPR Blak-blakan Ingin Kepala BRIN Dicopot, Anggaran Riset Diaudit

Di tempat yang sama, anggota BPK, Agung Firman Sampurna pun membenarkan maksud kehadiran timnya. Menurut dia, pemeriksaan keuangan tersebut merupakan amanat undang-undang kepada lembaga yang dibiayai oleh uang negara. Baik menggunakan APBD maupun APBN. 

"KPK ini entitas. Walaupun dari volume keuangan negara itu tidak besar, relatif kecil bisa dibilang, namun selama ini kami anggap strategis. Jadi kami istilahkan leading by sample," kata Agung di kantor KPK. 

Eks Dirut Perindo Klaim Dikriminalisasi, Tantang Jaksa Buka Audit BPK

Agung menuturkan, sejauh ini pihaknya tak menemukan kejanggalan atas penggunaan anggaran di lembaga KPK. Terlebih pemeriksaan juga akan dilakukan sekitar 80 hari ke depan.

"Kami akan lakukan pemeriksaan semoga enggak ada yang janggal, begitu juga dengan pengujian lapangan," ujarnya. (mus)
 

Presiden Joko Widodo menerima LHP atas LKPP Tahun 2022 dari BPK di Istana Negara

Jokowi: WTP dari BPK Bukan Prestasi, Tapi Kewajiban Pemerintah

Presiden Jokowi menekankan APBN dan APBD harus dipergunakan dengan penuh tanggung jawab. Manfaanya harus benar-benar dirasakan masyarakat

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2023