NU Kritik PKS yang Samakan Resolusi Jihad dengan Fatwa MUI

Ilustrasi/Lambang NU (Nahdlatul Ulama)
Sumber :

VIVA.co.id - Nahdlatul Ulama mengkritik pernyataan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI, Jazuli Juwaini, yang menyamakan Resolusi Jihad dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Menurut Ketua Pengurus Besar NU, Robikin Emhas, Resolusi Jihad NU yang difatwakan Hasyim Asy'ari berbeda konteks dengan fatwa MUI. Resolusi Jihad adalah seruan terang-terangan Hasyim Asy'ari kepada umat Islam di Tanah Air untuk berperang secara fisik mengusir penjajah Belanda yang akan kembali merebut Indonesia.

"Resolusi Jihad NU yang difatwakan Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari adalah perlawanan terang-terangan terhadap penjajah Belanda yang ingin merebut lagi kemerdekaan Indonesia," kata Robikin kepada VIVA.co.id pada Jumat, 20 Januari 2017. 

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Pernyataan Robikin itu mengoreksi Jazuli Juwaini yang menyebut, fatwa MUI bukan sumber kegaduhan, bahkan fatwa ulama menjadi solusi bagi umat sejak dulu. Dia mencontohkan Resolusi Jihad yang diserukan Hasyim Asy'ari.

Robikin berpendapat, jelas ada perbedaan situasi yang melatarbelakangi seruan jihad pendiri NU itu dengan fatwa-fatwa MUI. Resolusi Jihad untuk menggelorakan semangat patriotisme umat Islam di Indonesia dalam melawan penjajah. Sedangkan fatwa-fatwa MUI lebih banyak didasari masalah-masalah keumatan, terutama yang berhubungan dengan hukum Islam.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Dia mengingatkan publik agar mewaspadai kelompok tertentu yang memanipulasi sejarah untuk kepentingan kekuasaan, ekonomi, apalagi tujuan politik yang merongrong kedaulatan negara, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar.

"Yang ada sekarang adalah agama dijadikan komoditas kepentingan kelompok tertentu, memecah belah sesama warga negara dan umat," katanya menegaskan. (mus)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024