Tiang Pilar Jembatan Cisomang Diikat Balok Baja

Perbaikan Jembatan Cisomang
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, proses perbaikan Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, masih terus dipantau timnya.

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Naik, Jakarta-Bandung Jadi Berapa?

Dia menjelaskan, tiang-tiang pilar yang dipisahkan sungai sudah ditangani dengan pengikatan balok baja, untuk menahan pergerakan pilar akibat bergesernya permukaan tanah.

"Jadi, minggu lalu saya ke sana. Antara (pilar) P2 dan P3 itu kan sungai. Penanganannya tidak hanya dengan bore pile, tapi juga diikatkan antara P2 dan P3. Jadi, saling menahan. Itu diikatkan dengan enam balok baja. Ini baru mulai kerja Selasa kemarin," kata Basuki di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 19 Januari 2017.

Mulai 5 September, Tarif Tol Cipularang dan Purbaleunyi Naik

Ia menjelaskan, untuk mengamati adanya pergeseran dengan ukuran milimeter di pilar-pilar tersebut, tim menggunakan teknologi robotik.

Mengenai adanya potensi margin error dari alat tersebut, Basuki mengaku hal itu akan terus dipantau oleh tim, agar bisa segera dicarikan solusi dan ditangani.

Deretan Kecelakaan Tragis di Tol Cipularang

"Waktu dulu pemasangannya tidak tahu seberapa vertikalnya. Bukan alasan. Kalau sekarang, ada pergerakan 53-57 sentimeter. Dulunya itu dari berapa? Tapi, akhirnya kami ambil 57 sentimeter dengan keamanan faktornya 71 sentimeter," ujarnya.

Akses lalu lintas ke Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi kembali dibuka

Akses Tol Ke Arah Bandung Kembali Dibuka

DAH NAIK DI EKBIS.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2022