Usut Bendera Bertuliskan Arab, Polisi Gelar Digital Forensik

Bendera merah putih yang dicoret pakai tulisan Arab dalam demo FPI Mabes Polri.
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan penyelidikan melalui digital forensik untuk memastikan video dan gambar yang beredar terkait bendera merah putih bertuliskan huruf arab dalam demo Front Pembela Islam (FPI).

Top Trending: Firasat Masinis KA Bandung, Bendera Merah Putih Dicorat-coret Hingga Satria Mahathir

"Digital forensik untuk memastikan gambar itu benar, apa adanya, dengan kita lihat secara kasat mata," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, Kamis, 19 Januari 2017.

Menurut Boy, jika memang benar bendera merah putih dibubuhi huruf arab yang dilengkapi gambar pedang, maka pihaknya akan memberikan sanksi pidana kepada yang membuatnya.

Viral Video Pembakaran Bendera Merah Putih di Pontianak

"Itu ada aturan hukum Undang-undang terhadap bendera, bahasa. Bisa juga dengan jalan tempuh proses pidana," katanya.

Beberapa waktu lalu, saat pemeriksaan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Polda Jawa Barat, beredar sebuah video dan gambar yang menampilkan bendera merah putih bertuliskan huruf arab, La Illahaillallah dan ada gambar pedang. Bendera berwarna merah putih itu terlihat berkibar dan dibawa pengunjuk rasa dari massa FPI. (mus)

Opening Ceremony Asian Games 2022, Dua Atlet Ini Bawa Bendera Indonesia
Putri Handayani

Salut! Putri Handayani Jadi Warga Indonesia Pertama yang Berhasil Taklukkan Kutub Selatan

Putri Handayani ungkap ada berbagai rintangan yang harus ia hadapi. Mulai dari dinginnya suhu, sulitnya berjalan di tengah salju, serta juga angin kencang yang menerjang.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024