Gempa Banten Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa yang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu, 18 Januari 2017, sekira pukul 17.51 WIB, terasa kuat di daerah pesisir. Gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah di Banten Selatan.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Dampak ke masyarakat kaget saja, terus masyarakat nyaris enggak merasakan, karena kecil. Tapi kami tetap meminta warga waspada. Hampir seluruh Lebak merasakan. Termasuk di lokasi longsor kemarin, di Banjarsari," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi.

Pihaknya pun memastikan tidak ada kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) yang terjadi di daerah Pantai Selatan Banten di kedalaman 10 km tersebut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

"Saya cek teman-teman relawan, terutama pesisir, enggak ada kerusakan apa-apa," kata Kaprawi.

Walaupun terjadi di tengah laut, gempa dipastikan tidak mengakibatkan tsunami. Meski begitu, masyarakat tetap diharapkan waspada dan lebih berhati-hati lagi.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

"Lokasi di Laut Selatan, kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BPBD Banten, Sumawijaya, saat dikonfirmasi.
 

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024