Gunung Sinabung Kembali Keluarkan Lahar Dingin

Lahar dingin dari Gunung Sinabung
Sumber :
  • Putra Nasution (Medan)

VIVA.co.id – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengeluarkan lahar dingin, Rabu sore, 18 Januari 2017. Namun, peristiwa alam itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan rumah warga.

Mobil Relawan UNS Terbenam Lahar Semeru saat Evakuasi Warga

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin mengungkapkan, lahar dingin mengalir di jalan pemukiman warga, tepatnya di Desa Sukatendel, Kecamatan Ndreket.

"Lahir dingin terjadi tadi sore sekitar pukul 16.00 WIB. Jalur yang dilalui lahar dingin tidak bisa dilalui, dan lahar meluap ke jalan di Desa Sukatendel," ungkap Natanail kepada VIVA.co.id.

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Dia juga memastikan, lahar dingin hanya merendam jalan dan bukan rumah warga sekitar.

"Sementara, air masih di pinggiran rumah, belum merendam rumah. Namun, kami antisipasi bila ada air kiriman dari gunung," ujarnya.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

Natanail mengatakan, selain lahar dingin, aktivitas Gunung Sinabung lainnya juga terjadi, seperti guguran lava. Namun, tidak terjadi erupsi.

"Saat lahar dingin terjadi, tidak ada erupsi. Tapi, ada terjadi guguran antara pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB," kata dia. (ms)

Tangkapan layar: Derasnya banjir lahar dingin Gunung Semeru yang melewati dibawah jembatan gantung Kaliregoyo di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin sore, 17 Januari 2022.

Debit Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Meningkat

Debit banjir lahar dingin Gunung Semeru yang mengalir di sejumlah DAS mengalami peningkatan akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2022