Longsor di Lebak Banten, 72 Rumah Rusak

Ilustrasi longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Sebanyak 72 rumah warga di Kampung Karad Desa Gunung Sari, Kabupaten Lebak Banten, mengalami kerusakan akibat bencana banjir dan longsor, Rabu 18 Januari 2017.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Itu (akibat) gerakan tanah (longsor). Masyarakat, akhirnya meninggalkan rumahnya masing-masing. Kita urus, minimal mereka selamat," kata Kaprawi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak.

Tercatat, saat ini, dari total rumah yang rusak itu, sebanyak 18 di antaranya mengalami kerusakan berat. Sejauh ini, sejak pagi, upaya penanganan dampak longsor telah dilakukan.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Sejumlah petugas BPBD dan TNI, bersama warga telah bersiaga untuk menghindari dampak lanjutan. Dilaporkan, longsor ini terjadi Selasa dini hari, sekira pukul 03.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Yang dikhawatirkan kita adalah banjir, tetapi ternyata longsor. Namanya memang alam, tidak bisa ditebak," kata Kaprawi. (asp)

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak
Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024