MUI Gelar Rapat Soal Masalah Bangsa, Wiranto Hadir

MUI gelar rapat pleno ke-14 di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Januari 2017.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id –  Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia menggelar rapat pleno ke-14 di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18  Januari 2017. Tema rapat tersebut adalah 'Kerja sama ulama-umara untuk kemajuan bangsa'.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, terlihat hadir dalam rapat itu. Dia mewakili Presiden Joko Widodo yang diundang langsung, namun tidak dapat hadir karena ada rapat terbatas. Rapat dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin, dan Wakil Ketua Wantim MUI, Nasaruddin Umar.

Dalam sambutannya, Din mengatakan bahwa dalam rapat tersebut akan dicari solusi terhadap masalah yang belakangan terjadi di Indonesia. Sebab, kata dia, bangsa Indonesia dewasa ini mengalami banyak pertentangan di dalamnya.

"Kita ingin dialog, ulama dan umara, terutama mencari solusi terhadap masalah terkini. Masalah kebangsaan kita akhir-akhir ini menampilkan gejala wacana yang bersifat dialektik, adanya pertentangan di tubuh bangsa ini. Pada tingkat tertentu alamiah sebagai sebuah bangsa menuju yang lebih dewasa dan matang," ujar Din.

Maka dari itu, dalam rapat tersebut, menurut Din, akan dicari jalan keluar atas permasalahan yang terjadi di Indonesia. Beberapa masalah yang dimaksud, di antaranya seperti, ketidakadilan dalam bidang ekonomi dan ketidakadilan dalam hukum.

"Kita ingin cari solusi, apa harapan, pandangan dari pemerintah kepada ulama, umat Islam. Pikiran kami ini mencari solusi, ada niat untuk memajukan bangsa dengan dialog ulama umara. Upaya menciptakan instabilitas, kerukunan, bertindak secara konstitusional, berdasarkan prinsip. Kita ingin mencari solusi," tuturnya. (ase)

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare
Staf Khusus Presiden bidang hukum, DIni Purwono di kantornya

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Staf Khusus Presiden, Dini Purwono buka suara nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut dalam sidang perselisihan hasil pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pad

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024