KSAU Baru Bakal 'Pikir-pikir' Beli Helikopter Kepresidenan

Pelantikan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang baru, Marsekal Hadi Tjahjanto, akan mengevaluasi lagi rencana pembelian helikopter kepresiden merek Agusta Westland (AW) 101. Pada 2015, rencana ini sempat dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, akhir 2016, TNI AU kembali mewacanakan membeli helikopter tersebut.

Istana Kasih Bocoran Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

"Memang untuk Agusta Wesland itu adalah perencanaan sebelumnya. Namun, saya akan tetap evaluasi," kata Hadi usai diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 18 Januari 2017.

Hadi belum bisa memastikan, apakah evaluasi itu nantinya akan mengarah pada pembatalan pembelian helikopter AW 101 tersebut. Sebab, masih akan dilakukan kajian dari beberapa aspek sebelum nantinya diputuskan untuk dihentikan atau dilanjutkan.

Hadi Tjahjanto: MotoGP Pertamina Grand Prix 2022 Siap 80 Persen

"Ya nanti kita bisa dari hasil evaluasi. Karena itu tentunya dari tim tidak bisa dari hanya beberapa orang. Dari tim kita melihat dari beberapa aspek, itu nanti yang akan kita kerjakan," jelasnya.

Sebelumnya, rencana pembelian AW 101 sempat ditolak Presiden Jokowi, lantaran jenisnya yang dianggap terlalu eksklusif.

Intip Persiapan Kominfo Jelang MotoGP Mandalika 2022

Harganya pun dianggap terlalu mahal, yakni Rp761,2 miliar per unit. Harga tersebut dianggap tak sesuai kondisi keuangan negara yang ada saat ini.

(ren)

Prabowo Terima Penganugerahan Jenderal Bintang 4 dari Presiden Jokowi

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

Presiden RI Jokowi menepis pemberian kenaikan pangkat istimewa Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto karena motif transaksi politik.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024