BIN Dapati 14 Ribu Aturan di Indonesia Tak Jelas

Sejumlah menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo berdiskusi dalam rapat di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA.co.id/setkab.go.id

VIVA.co.id – Badan Intelijen Negara mendapati adanya 14 ribu regulasi yang kini digunakan di beberapa lembaga pemerintahan tumpang tindih dan tidak jelas manfaatnya. Tak cuma itu, dilaporkan bahwa aturan itu juga saling bertentangan.

UNICEF Desak Aksi Global untuk Melindungi Anak-Anak dari Senjata Peledak Mematikan

"(Karena itu) Regulasi ini (14 ribu) akan dievaluasi dan ditata kembali sehingga regulasi yang sudah tidak perlu dan tidak bermanfaat itu dihapuskan," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, seperti dikutip di laman Sekretariat Kabinet, Rabu 18 Januari 2017.

Dengan itu, lanjut Wiranto, kedepan publik tidak akan kebingungan lagi perihal mana aturan yang benar dan tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Sebelumnya, pada Juni 2016, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan melakukan pencabutan sejumlah Peraturan Daerah (Perda) yang dianggap bermasalah. Tercatat setidaknya ada 3.143 perda bermasalah yang akan dicabut.

Menurut Tjahjo, sejumlah perda itu dinilai memberatkan masyarakat dan merugikan kebutuhan investasi di Indonesia. Ia pun mencontohkan soal Perda tentang Hinderordonantie (HO) atau Gangguan Lingkungan. Perda tersebut dihapus karena sudah ada aturan mengenai analisis dampak lingkungan (AMDAL).

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

"Ngapain dua? Merepotkan masyarakat. Kami ingin Perda yang memberatkan masyarakat kecil dihapus. Masa urus KTP, akte lahir, minta keterangan harus bayar," kata Tjahjo pada 22 Juni 2016. (ren)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024