Jadi KSAU, Hadi Tjahjanto Naik Pangkat

Presiden Joko Widodo melantik Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang baru, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

Dilantik Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Marsekal TNI

Marsdya Hadi Tjahjanto dilantik untuk menggantikan KSAU sebelumnya, Marsekal TNI Agus Supriatna, yang akan memasuki masa pensiun pada 28 Januari 2017 mendatang.

Setelah diambil sumpahnya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Madya Hadi Tjahjanto langsung mendapatkan kenaikan pangkat Marsekal TNI, atau jenderal bintang empat.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

Kenaikan pangkat ini dibacakan langsung usai pelantikan di Istana Negara. Kenaikan pangkat ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 3 TNI tahun 2017 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, dan mulai ditetapkan pada hari ini juga.

Setelah itu, Presiden Jokowi menanggalkan pangkat lama dan menyematkan bintang baru ke Hadi.

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

Karir Cemerlang

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat Irjen Kementerian Pertahanan, menyisihkan dua nama lainnya yang juga diajukan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Presiden Jokowi yakni Wakil KSAU Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja dan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Marsdya Bagus Puruhito.

Hadi yang lahir di Malang pada 8 November 1963 silam itu merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Karier dari suami Nanik Istumawati tersebut diawali ketika menjadi Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo pada 2010-2011 silam pada saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Setelah itu, Hadi didapuk menjadi Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas) pada periode 2011-2013.

Ayah dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama tersebut lalu ditempatkan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU 2013-2015 dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang pada 2015.

Tak lama, Hadi dipromosikan menduduki posisi Sekretaris Militer Presiden 2015-2016 menggantikan Laksamana Muda Tri Wahyudi Sukarno. Menjadi Sesmilpres membuat Hadi kembali dekat dengan Jokowi.

Kurang lebih setahun, Hadi mendapat tugas baru sebagai Irjen Kementerian Pertahanan mulai tahun 2016 hingga akan dilantik menjadi KSAU hari ini yang merupakan tahap karier cemerlang Hadi meraih pangkat bintang demi bintang meninggalkan para seniornya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya