Video Lengkap Rocky Gerung di ILC Soal Presiden Sebar Hoax

Tema ILC, Selasa, 17 Januari 2017, Hoax Versus Kebebasan Berpendapat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, Rocky Gerung, membuat heboh karena pernyataannya dalam program Indonesia Lawyers Club di tvOne, Selasa malam, 17 Januari 2017.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Dalam pemaparanya terkait isu hoax yang mejadi topik dalam acara ini, pria yang berprofesi sebagai penulis dan dosen itu mengatakan bahwa pembuat hoax terbaik adalah penguasa. Menurutnya, rezim saat ini sedang panik.

"Sebetulnya kalau kita agak tenang sedikit, kita mencium ada semacam kepanikan di dalam rezim ini. Orang panik biasanya ingin cari pegangan apa saja, kaya orang hanyut, dia meraih apa saja, kaleng bekas hanyut, batang pohon. Jadi kepanikan menunjukkan ada krisis, sebenarnya," katanya.

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Kedua, dia juga menuding bahwa Presiden Jokowi ikut menyebar hoax karena melarang membaca buku Jokowi Undercover.

"Sore tadi saya baca, Pak Jokowi bilang, 'Jangan membaca Jokowi Undercover karena buku itu tidak ilmiah'. Saya anggap itu hoax," katanya.

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Mengapa itu hoax, menurut Rocky, karena yang bicara itu adalah Presiden dan memberikan penilian pada buku itu tidak ilmiah. Bisa saja dibuat simulasi dari mana Presiden tahu buku itu tidak ilmiah.

“Karena yang ngomong itu Presiden, memberi penilaian pada buku tidak ilmiah. Tentu kita bisa bikin semacam simulasi dari mana Pak Jokowi tahu. Pasti kalau ada wartawan tanya dia akan bilang, 'kata Pak Tito. Kapolri' Lho, Pak Tito rektor UI atau rektor ITB? Jadi Anda lihat bahwa, bahkan Presiden menyebar hoax dari sudut pandang definisi itu," katanya.

Selain itu, Rocky Gerung juga menyinggung kalau rezim telah mengendalikan kebenaran, tentu ada kebohongan yang disembunyikan. Juga siapa pembuat hoax terbaik saat ini dan contoh hoax salam debat pilkada DKI Jakarta. (hd)

Semua pernyataan Rocky Gerung dapat dilihat dalam tayangan video berikut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya