Wakil Ketua DPR Sebut Presiden Sumber Hoax

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, melontarkan pendapatnya terkait isu hoax yang kini santer di kalangan masyarakat.  Menurutnya, agar hoax tidak berkembang dan memicu kegelisahan, pemerintah harus melakukan perubahan.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Salah satu contohnya adalah membuat struktur percakapan publik yang akan disampaikan kepada masyarakat. Sebab, ketidakselarasan dalam penyampaian pesan bisa membuat pemberitaan yang simpang siur.

"Saya kira, yang penting adalah menstruktur percakapan publik. Ini mungkin yang penting saya sampaikan. Saya pernah ketemu pak Menteri (Menkominfo Rudiantara), kita tidak mau menjadi Harmoko seperti pada zaman ketika hanya ada satu sumber kebenaran," ujar Fahri dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa malam, 17 Januari 2017.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Fahri juga merujuk dari perkataan Rocky Gerung, yang mengatakan bahwa Presiden bisa saja menjadi sumber hoax. Itu lantaran presiden terkadang disuguhi data tidak benar oleh anak buahnya.

"Kalau disinyalir dari ucapan bung Rocky, Presiden itu sumber hoax. Presiden tidak tahu bahwa ada tarif naik, Presiden disuguhi data bohong oleh anak buahnya dan dia sampaikan begitu saja,” ungkapnya.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

Dia menuturkan, para menteri pun memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam menyampaikan informasi.

Fahri mencontohkan, Menteri Tenaga Kerja mengatakan bahwa tenaga kerja asing mencapai 78 ribu di Indonesia. Sedangkan Presiden menyebut hanya 21 ribu.

“Untuk itu, saya mengusulkan Juru Bicara presiden berbicara. Karena kalau tidak bicara, orang lain akan berbicara, karena ada kebebasan berbicara. Marilah kita strukturkan sumber percakapan bangsa ini. Itu yang kita perlukan saat ini, karena hoax itu tidak ada strukturnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya