Gempa Aceh Dipastikan Tidak Berpotensi Tsunami

Koordinat gempa bumi yang terjadi di Barat Laut Aceh, Selasa 17 Januari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Wilayah pesisir pantai barat Aceh dan Sabang diguncang gempa bumi tektonik, Selasa 17 Januari 2017 malam.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Analisis pendahuluan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter dengan titik pusat pada koordinat 6,09 Lintang Utara dan 93,24 Bujur Timur.

Koordinat tersebut berada di laut, dengan jarak 234 kilometer arah Barat Laut Kota Sabang pada kedalaman 10 km. Hasil pemutakhiran analisa BMKG diperoleh, kekuatan hanya 5,2 SR dengan kedalaman 54 km.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Berdasarkan rilis BMKG yang diterima VIVA.co.id, jika ditinjau dari kedalamannya, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi pada bidang kontak antara lempeng India yang menyusup terhadap lempeng mikro Burma.

Sejarah mencatat, di lokasi ini juga terjadi gempa dahsyat, yaitu gempa Aceh tahun 2004 yang menimbulkan tsunami. Namun untuk gempa yang terjadi hari ini, dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024