Malam Ini di ILC, Hoax Versus Kebebasan Berpendapat

Tema ILC, Selasa, 17 Januari 2017, Hoax Versus Kebebasan Berpendapat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Tayangan program unggulan tvOne, Indonesia Lawyer Club (ILC), kembali akan digelar Selasa malam, 17 Januari 2017.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Seperti biasa, ILC kembali akan mengangkat tema yang sedang menghangat di publik. Seluruhnya akan didiskusikan dengan berbagai pihak yang berkompeten.

Untuk pekan ini, tema khusus yang akan dibahas mengenai merebaknya berita hoax, atau palsu yang menggejala di Indonesia. Beberapa di antaranya, bahkan menggesek toleransi, serta berakhir pada masalah hukum.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Karena itu, pemerintah kini mengambil sikap untuk menindak kabar hoax tersebut. Lewat perangkat kebijakan berupa UU Informasi dan Transaksi Elektronik, serta ketentuan Ujaran Kebencian dan ketentuan lain, kabar hoax akan menjadi prioritas penindakan.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Meski begitu, di balik langkah serius pemerintah tersebut, ada beberapa pendapat bahwa sikap 'ketakutan' akan kabar hoax itu di sisi lain bisa akan mengancam hak publik untuk menyatakan pendapatnya.

Dengan itu, kini justru akan membuat orang ikut 'takut' untuk bersuara, atau mengkritik kebijakan pemerintah yang mungkin saja menindas, atau pun meminggirkan hak-hak publik.

Lalu, sejauh mana hal ini berdampak? Saksikan lebih jauh di ILC pada malam ini dan simak video dan beritanya di portal berita VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya