Gempa Deli Serdang, Satu Rumah dan Mobil di Karo Rusak Berat

Reruntuhan di Karo akibat gempa 5,6 Skala Richter
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter (SR) berpusat di Deli Serdang mengakibatkan satu unit rumah warga di Desa Ujung Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, rusak berat dan sebuah mobil ikut rusak tertimpa material bangunan.

“Gempanya kuat sekali di sini. Satu rumah rusak di bagian plafon dan dinding atapnya. Pemilik rumahnya atas nama Rinaldi Ginting,” kata Simon Zomora, Kepala Desa Ujung Payung, pada Senin malam, 16 Januari 2017.

Dampak Gempa Bali, Sejumlah Bangunan Rusak Ringan

Namun dalam peristiwa bencana alam itu, tidak ada korban jiwa. Gempa hanya sempat membuat masyarakat di Kabupaten Karo panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Jadi reruntuhan rumah itu jatuh ke rumah sebelahnya yang kebetulan ada mobil terparkir. Mobil juga rusak berat di bagian depannya,” tuturnya.

BMKG Perbaharui Kekuatan Gempa Bali 5,6 Skala Richter

Usai gempa bumi, Simon menyebutkan sempat terjadi pemadaman listrik. Namun setelah itu listrik sudah kembali menyala.

“Sudah mulai tenang di sini tapi masih ada juga rasa gelisah karena tadi listrik sempat padam,” lanjutnya ketika dihubungi.

Bali Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

Menurut data BMKG Wilayah I Medan yang diperoleh VIVA.co.id, disebutkan lokasi gempa terjadi di 28 KM Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara atau 31 KM Barat Daya Binjai-Sumatera Utara, 33 KM Timur Laut Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan 37 KM Barat Daya Medan-Sumut dan 1406 KM Barat Laut-Jakarta.

"Gempa itu terjadi sekitar pukul 19.42 WIB dengan kekuatan 5,6 Skala Richter," ungkap Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan.

Syahnan mengungkapkan info gempa terjadi pertama kali di Deli Serdang dengan lokasi 3,33 LU-98.46 BT dan kedalaman 10 KM. Kemudian disusul gempa di sejumlah daerah di Sumatera Utara.

"Untuk diketahui, gempa ini tidak berpotensi tsunami," tutur Syahnan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya