BMKG: Sembilan Gempa Susulan Getarkan Deli Serdang

Kaca mal yang pecah akibat gempa Deli Serdang.
Sumber :
  • Putra Nasution (Medan)

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, telah terjadi sembilan kali gempa susulan di Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya, Senin malam, 16 Januari 2017. 

Kronologi Istri di Deli Serdang Bakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas

Sembilan gempa susulan itu terjadi dalam rentang waktu dari pukul 19.42 WIB, ketika gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) terjadi, hingga pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG, sembilan kali gempa bumi susulan terjadi dengan kekuatan yang terus mengecil. 

Anies di Hadapan Puluhan Ribu Pendukungnya di Deli Serdang Ajak Awasi TPS 14 Febuari 2024

"BMKG akan terus melakukan monitoring perkembangan aktivitas gempa bumi susulan dan hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Senin.

Ia mengimbau masyarakat Sumatera Utara, agar tetap tenang. Sebab, berdasarkan data aktivitas gempa bumi susulan ini menunjukkan tidak akan terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar.

Didampingi Surya Paloh, Anies akan Menyapa 200 Ribu Orang di Kampanye Akbar di Deli Serdang

Sementara itu, Hinsa Tama (68), warga Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, mengatakan gempa terasa hingga di Medan, selama beberapa detik. Dia pun merasakan gempa susulan, setelah gempa berkekuatan 5,6 SR itu.

"Sempat kaget memang, karena cukup kuat tapi hanya sebentar terus habis itu ada getaran lebih kecil," ujarnya kepada VIVA.co.id. (asp)

Pengendara motor terobos perlintasan kereta api

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Tabrakan maut antar kereta api KAU81 Srilelawangsa, dengan mobil Daihatsu GranMax di perlintasan tidak terjaga petak jalan Sta Binjai - Stasiun Medan, Sumatera Utara pada

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024