Gempa Deli Serdang Bikin Kaca Mal Pecah, Pengunjung Panik

Kaca mal yang pecah akibat gempa Deli Serdang.
Sumber :
  • Putra Nasution (Medan)

VIVA.co.id – Gempa bumi darat melanda Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin malam, 16 Januari 2017, sekitar pukul 19.42 WIB.

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, hingga saat ini belum ada data soal korban akibat kejadian tersebut.

Namun, sebuah pusat perbelanjaan di kota Medan, Focal Point Mall, mengalami kerusakan yang cukup parah. Kaca pintu bagian depan pecah, sehingga membuat seluruh pengunjung panik.

Kronologi Istri di Deli Serdang Bakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas

"Korban tidak ada, dan untuk kaca mal sudah diganti," ungkap Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, M Yunus.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, pusat gempa berada di 28 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Anies di Hadapan Puluhan Ribu Pendukungnya di Deli Serdang Ajak Awasi TPS 14 Febuari 2024

Sutopo juga mengatakan, pusat gempa cukup dekat dengan Gunung Sinabung, yakni sekitar 33 kilometer Timur Laut dari Kabupaten Karo. 

"Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung," ujarnya. 

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), saat ini, status Gunung Sinabung tetap awas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya