Pusat Gempa di Medan Dekat Gunung Sinabung

Titik koordinat gempa bumi yang melanda Deli Serdang, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat, telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter di  Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada hari ini, pukul 19.42 WIB. 

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Gempa yang berpusat di darat dengan kedalaman 10 kilometer dan berjarak 28 kilometer dari Barat Daya Deli Serdang itu merupakan gempa susulan.

Sebelumnya, gempa terjadi pada pukul 19:13 WIB dengan kekuatan 3,9 SR. Pusatnya yakni 23 km Barat Daya Deli Serdang, dengan kedalaman 10 km. 

Kronologi Istri di Deli Serdang Bakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, gempa terasa keras di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. Gempa juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan.

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah, termasuk masyarakat Kota Medan," ujar Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Senin 16 Januari 2017.

Anies di Hadapan Puluhan Ribu Pendukungnya di Deli Serdang Ajak Awasi TPS 14 Febuari 2024

Ia juga mengatakan, pusat gempa cukup dekat dengan Gunung Sinabung, yakni sekitar 33 kilometer Timur Laut dari Kabupaten Karo. 

"Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung," ujarnya. 

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), saat ini, status Gunung Sinabung tetap awas.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendataan. "Belum ada laporan korban jiwa. Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan, namun masih pendataan," ungkapnya. 

Sementara itu, saat ini, aliran listrik padam di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung, seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya