Besok Hasyim Muzadi Sudah Diperbolehkan Pulang

KH Hasyim Muzadi keluar rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Kondisi kesehatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Sosial dan Agama, KH Hasyim Muzadi yang dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang, Jawa Timur, sudah membaik. Besok, Selasa, 17 Januari 2017, Hasyim Muzadi sudah diizinkan kembali ke rumah kembali berkumpul keluarga di rumah.

Khofifah Menangis di Makam Hasyim Muzadi

Hasyim bercerita pertama kali dirinya harus dirawat di ruang ICU. Ia merasa kelelahan sehingga harus mendapat perawatan tim medis.

"Jumat, 6 Januari 2017 masuk ke rumah sakit setelah Jumatan ditangani sama dokter ada normalisasi tensi gula darah maupun jantung. Alhamdulillah, semua normal insya Allah besok pagi pulang," ujar Hasyim Muzadi, Senin, 6 Januari 2017.

Hasyim Rahasiakan Satu Hal tentang Gus Dur kepada Warga NU

Putra sulung Hasyim Muzadi, Abdul Hakim Hidayat, juga membenarkan jika ayahnya besok diperbolehkan rawat jalan atau pulang ke rumah. Kondisi mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama itu berangsur normal.

"Besok insya Allah pulang. Sudah normal, makan sudah normal minta menu yang tidak ada di rumah sakit seperti rawon dan lodeh. Bahkan ke kamar mandi mau mandi juga sendiri. Kalau mau jalan jauh masih butuh kursi roda," kata Abdul Hakim.

Ketua Umum NU: Ulama Berbagai Negara Kenal Hasyim Muzadi

Menurut Hakim, faktor utama yang menyebabkan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam itu menderita kelelahan adalah karena menghadiri sejumlah undangan di beberapa daerah dan luar negeri.

"Sebelumnya ke Australia empat hari mungkin kelelahan disana dingin, makanya tidak terkontrol, ada undangan dari Dewan Dakwah Australia beliau diminta hadir. Kalau pondok insya Allah besok sudah bisa kembali mengasuh ponpes, sementara ini hanya memantau saja," tutur Abdul Hakim.

Hari ini Hasyim Muzadi dikunjungi sejumlah tokoh bangsa yang mendoakan dirinya agar cepat sembuh. Kunjungan pertama dilakukan oleh mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Selang 30 menit kemudian, rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bersama Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Alhamdulilah, baik beliau (Hasyim Muzadi) juga berkenan menyambut Pak JK. Semua cair penuh canda gurau. Sama-sama saling mendoakan pemimpin bangsa," kata Abdul Hakim. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya