Detik-detik Pesawat Hantam Landasan di Bandara Banyuwangi

Ilustrasi kecelakaan pesawat
Sumber :

VIVA.co.id - Mandiri Utama Flight Academy (MUFA), sekolah penerbangan yang mengalami musibah pesawat mendararat darurat hingga kecelakaan (crash landing) di Bandara Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyampaikan keterangan tentang insiden itu.

Minat Profesi Penerbang Kian Tinggi, Sekolah Pilot Makin Bergeliat

Selain soal kondisi korban, dijelaskan pula detik-detik pesawat menghantam landasan hingga terbakar. Direktur MUFA, Dhany Rachman, menjelaskan bahwa pesawat nahas itu diterbangkan sendirian oleh siswa akademi tersebut bernama Regina Marthalia.

Di akademi itu, Regina tercatat memiliki pengalaman terbang 33 jam. Mulanya, pesawat jenis 172 S itu berhasil terbang secara sempurna. Tapi mengalami crash landing atau mengalami insiden saat melakukan pendaratan di Bandara Blimbingsari pada pukul 10.00 WIB, Senin, 16 Januari 2017.

Selama Pandemi, Sekolah Penerbang Ini Cetak 108 Lulusan Pilot

Dhany menjelaskan, saat proses mendarat pesawat mengalami ballooning atau mengambang kembali. Dalam istilah penerbangan, biasanya ballooning terjadi karena pendaratan terlalu keras atau kecepatan pesawat masih tinggi, bisa pula karena pertimbangan keamanan.

"Kondisi saat mau mendarat ballooning, speed habis, kemudian pesawat tendency ke kanan karena perubahan kecepatan angin. Propeller terkena badan runway, lalu pesawat terbakar,” ujar Dhany sebagaimana rilis diterima VIVA.co.id.

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Pesawat pun menghantam landasan lalu terbakar. Beberapa bagian badan pesawat juga rusak. Beruntung, si pilot, Regina, berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah sakit. "Api sudah padam dan pesawat sudah dalam penanganan. Alhamdulillah, keadaan siswa sehat walafiat, hanya menderita lecet kecil,” kata Dhany.

MUFA bersama manajemen Bandara Blimbingsari telah menangani insiden itu sesuai SOP sehingga tidak sampai menimbulkan dampak lebih buruk. Dia mengaku MUFA siap bertanggung jawab atas kecelakaan itu. "Kegiatan MUFA sendiri tidak terganggu akibat insiden ini," ujarnya.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berharap insiden kecelakaan pesawat itu adalah yang terakhir terjadi di Bandara Blimbingsari. Dia mengapresiasi sistem penanganan Bandara dan MUFA pada kejadian itu. "Insya Allah ini tidak mengganggu aktivitas Bandara secara umum," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya