Jokowi: Situasi Ekonomi Kita Belum Pulih

Presiden Joko Widodo menyambut tahun baru 2017 i istana negara, Sabtu (31/12/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/twitter@jokowi

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memberi arahan pada rapat pimpinan TNI di Markas Besar TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin, 16 Januari 2017. Dalam pemaparannya, Jokowi mengatakan, banyak tantangan yang datang baik dari internal maupun eksternal.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Sehingga, perlu kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah dan tantangan tersebut.

"Kita tahu perubahan dunia, perubahan global sekarang  sangat cepat sekali. Dari detik ke detik, dari jam ke jam, dari hari ke hari perubahannya begitu sangat cepat. Satu masalah belum selesai, satu masalah belum rampung, berganti dengan masalah lain, masalah baru datang lagi," ujar Jokowi dalam sambutannya.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Dalam persoalan ekonomi global, lanjut Jokowi, juga masih ada masalah. Pelambatan ekonomi dunia saat ini masih terjadi.

"Artinya situasi ekonomi kita belum pulih. Sudah ada perubahan baru lagi, misalnya kebijakan di AS yang nantinya akan banyak berubah setelah Presiden terpilih Donald Trump sebentar lagi dilantik," katanya.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Dengan begitu, perubahan yang cepat harus dilakukan oleh pemerintah saat ini untuk mengantisipasi perubahan. Jokowi mencontohkan perkembangan bidang IT yang setiap saat berubah-ubah.

"Saya berikan contoh, berkaitan dengan perdagangan menggunakan e-commerce, perubahannya begitu cepat sekali. Berjualan sekarang tidak lagi lewat mal, pasar modern semuanya menggunakan online store," ujarnya menjelaskan.

Lanjut Jokowi, hampir semua negara sekarang ini menyiapkan platformnya masing-masing. Seperti ada yang menggunakan ritel platform, logistik platform.

"Yang kalau kita sendiri tidak memiliki platform yang asli Indonesia sangat sulit sekali mengendalikan arus barang," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya