Sayap Pesawat Wings Air Meledak di Udara

Pesawat Wings Air dari Palu menuju Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mengalami kecelakaan pada Sabtu, 14 Januari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Abdullah Hamann

VIVA.co.id - Pesawat Wings Air dari Palu menuju Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mengalami kecelakaan pada Sabtu, 14 Januari 2017. Sayap pesawat Wings Air tipe ATR 72-500 dengan nomor penerbangan IW 1156 meledak dan terbakar di udara.

Pesawat Wings Air Ditembaki Teroris OPM, TNI AU Daratkan Pesawat Hercules di Bandara Dekai Yahukimo

Pesawat berpenumpang 64 orang itu terpaksa mendarat kembali setelah lepas landas selama kurang lebih dua menit di udara. Pesawat lepas landas dari Bandar Udara Mutiara SIS Aljufrie Palu sekira pukul 06.05 Waktu Indonesia Tengah.

Sejumlah penumpang mengaku mendengar suara ledakan lalu terlihat api dari mesin sebelah kanan. Ledakan dan percikan api itu sontak membuat seluruh penumpang panik. Bahkan seorang penumpang ingin melompat dari pesawat.

Wings Air Airline Shot On Nop Goliath Dekai Yahukimo Airport in Papua

“Saya lagi baring-baring, tiba suara ledakan dan keluar api dari mesin sebelah kanan, dan saat itu baling-baling pesawat bagian kanan tidak berputar dan pesawat sempat miring, kami penumpang sudah pasrah saat kejadian. Untungnya pramugari dan pilot tetap tenang,” kata Viktor, penumpang tujuan Manado.

Penumpang lain, Selfi Kalangi, nyaris pingsan bahkan memaksa pramugari membuka pintu darurat untuk melompat dari atas. Dia melihat percikan api saat itu sangat panjang.

Pesawat Wings Air Ditembak KKB Papua, Irjen Mathius Fakhiri: Tidak Ada Korban Jiwa

“Semuanya panik, ada yang teriak, ada yang menangis ketakutan. Kami berteriak agar pesawat segera balik ulang. Saat itu pandangan saya mulai gelap. Saya rasa seperti mau pingsan untung pramugari terus menenangkan kami,” kata Selfi.

Menurut petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, pesawat Wings Air itu berangkat dari Palu menuju Luwuk pada pukul 06.12 WITA. Pada pukul 06.14 WITA pilot menginformasikan kepada ATC bahwa ada masalah pada mesinnya.

"Pilot memutuskan kembali ke Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu dan pukul 06.19 WITA pesawat mendarat dengan selamat," kata Indriawan P. Nugroho, petugas ATC. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya