Bantul Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa mengguncang beberapa daerah di Kota Bantul Yogyakarta, Jumat, 13 Januari 2017. Dari pantauan VIVA.co.id, tampak warga berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Gempa Darat Baru Saja Guncang Bantul, Yogyakarta

Dari data BMKG Yogyakarta menunjukkan gempa dengan kekuatan 2.6 SR yang terjadi sekitar pukul 21.30 WIB dengan lokasi 7.99 LS dan 110.41 BT atau 14 kilometer tenggara Bantul dengan kedalaman 13 kilometer.

Gempa berpusat di darat atau tak jauh dari pusat Gempa 2006 lalu. "Saya tidak tahu sumbernya, tapi kali ini gempa sangat besar dirasakan warga," kata Budi warga, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Gempa Baru Saja Guncang Bantul Yogyakarta

Budi mengaku meski gempa tak berlangsung lama namun warga berhamburan keluar rumah karena getaran sangat terasa. "Getaran sangat besar. Saya lari keluar rumah. Pukul-pukul kentongan," kata Budi.

Miko, warga Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, mengaku kaget dengan gempa yang berlangsung mendadak. "Saya baru ngobrol dengan teman. Tiba-tiba gempa terjadi. Goncangan sangat besar," ujarnya.

Gempa Bantul 4,2 Skala Richter, Warga 'Anteng'

Meski gempa berpusat di Bantul namun getaran juga dirasakan warga Gunungkidul. "Tadi saya kaget. Bumi terasa bergetar keras," kata Yuwono warga Gunungkidul. (ase)

Gempabumi dilaporkan mengguncang wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bantul DIY Diguncang Gempa 5.2 SR, Getaran Sampai Pacitan

Tidak berpotensi tsunami, terang BMKG

img_title
VIVA.co.id
13 Juli 2020