Kapolda Jabar: Tak Ada Anggota GMBI Pukuli Simpatisan FPI

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan, mengklarifikasi kabar tentang anggota organisasi massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) memukuli simpatisan Front Pembela Islam (FPI) di Bandung, kemarin.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Menurut Anton, memang ada keributan antarsimpatisan ormas di halaman satu rumah makan Ampera di Bandung kemarin. Tetapi itu bukan anggota GMBI dengan FPI, melainkan simpatisan ormas lain dengan anggota FPI.

"Tidak satu pun anggota GMBI yang melakukan kekerasan atau terlibat keributan dengan mereka (FPI)," kata Anton kepada wartawan di Markas Polda Jabar di Bandung pada Jumat, 13 Januari 2017.

Tolak Kasih Data Buat Pinjol, Istri di Tebet Jaksel Dianiaya Suami

"Memang ada sedikit keributan, yaitu di (Rumah Makan) Ampera, tetapi (itu terjadi karena) sebelumnya ada salah satu anggota ormas yang bukan GMBI yang saat itu dipukuli dan dibacok oleh anggota FPI. Dua orang (korban), dan satu orang dipukul pakai balok," ujarnya.

Setelah peristiwa penganiayaan itu, sejumlah kader ormas (tidak disebutkan namanya) mencari orang-orang yang ditengarai sebagai pelakunya. Mereka menemukannya saat orang itu berada di Rumah Makan Ampera lalu terjadilah perkelahian. "Itu pun dengan tangan kosong."

Polisi Usut Kematian Siswa SMKN di Nias Selatan, Diduga Tewas Dianiaya Kepala Sekolahnya

Anton memastikan tidak ada korban penusukan, apalagi dibunuh. Dia bahkan menyebut itu keributan kecil. "Keributan (itu) juga bukan anggota GMBI, tapi LSM (lembaga swadaya masyarakat/ormas) di luar GMBI."

Kasus keributan atau perkelahian itu, kata Anton, telah ditangani Kepolisian Resor Kota Besar Bandung. Dia sekaligus mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi dengan berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Begitu juga dengan kabar bohong yang menyebutkan anggota FPI dianiaya simpatisan GMBI. (ase)

Atalarik Syach.

Kalau Mau Damai, Atalarik Syach Kasih Syarat Ini ke Tsania Marwa

Konflik antara Atalarik Syach dan Tsania Marwa masih berlanjut bahkan setelah keduanya bercerai. Ditambah lagi, belum lama ini Tsania Marwa menjadi saksi di MK.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024