Pemicu Ricuh Usai Rizieq Diperiksa Polda Jabar

Ratusan pendukung Habib Rizieq
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Proses hukum pemeriksaan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat diwarnai kericuhan, Kamis 12 Januari 2017.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Sesaat setelah Rizieq selesai menjalani pemeriksaan dan keluar dari Mapolda Jawa Barat, sekitar pukul 16:30 WIB, terdengar keributan di kerumunan massa aksi FPI.

Suasana mencekam pun tak terelakkan. Pengendara kendaraan dari arah Bandung di kawasan Mapolda Jawa Barat jalan Soekarno Hatta berhamburan karena massa aksi FPI bentrok dengan salah satu anggota ormas yang menuntut kasus penistaan Pancasila agar dituntaskan.  

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, bentrok tersebut tak terelakkan karena dipicu adanya pemukulan dari salah satu ormas yang hendak mengambil kendaraan. Pemukulan tersebut seketika langsung dilaporkan ke Polda Jawa Barat agar segera ditindaklanjuti.

"Tadi ada pelapor dari masyarakat Sunda dicegat kemudian dipukul FPI saat ambil motor, itu yang dilaporkan," kata Yusri di Mapolda Jawa Barat jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis 12 Januari 2017.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Akibat kerusuhan itu, tak sedikit masyarakat yang ketakutan. Saat pengamanan berlangsung, terlihat seorang penumpang bermotor, ibu-ibu hamil tua yang tengah menggendong anak balita sambil menangis turun menyebrang ke kawasan Mapolda demi menghindari area bentrok.

Ibu tersebut langsung diarahkan ke titik aman dengan tangan gemetar syok disertai raut muka terengah - engah. Saat pengamanan, balok kayu bercabang paku, dan bongkahan papan pun diamankan aparat,

Yusri menyatakan, petugas di lapangan saat ini berpatroli ke berbagai titik dari kawasan Mapolda Jabar untuk meminimalisir potensi ricuh meski kedua masa aksi saat ini pulang ke daerah masing - masing.

"Kita masih patroli, mencegah apakah ada sisa (massa aksi). Jangan sampai ada kelompok - kelompok (yang berpotensi ricuh)," tegasnya. 

Diwartakan sebelumnya, setelah pemeriksaan Ketua Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab, ratusan orang pendukungnya berbuat ricuh. Aparat Brimob yang berjaga terpaksa menyisir jalan menuju Kota Bandung agar massa FPI segera membubarkan diri.

Dari pantauan VIVA.co.id, Kamis 12 Januari 2017, ratusan personel FPI tampak menyebar ke berbagai jalur yang menyebabkan kepadatan kendaraan. Karena takut, tak sedikit pengendara kendaraan berhenti meninggalkan kendaraannya untuk menghindari amukan massa FPI.

Dalam penyisirannya, polisi juga menemukan balok kayu bercabang paku. Polisi bersenjatakan gas air mata juga bersiaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Sebelumnya, Habib Rizieq menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat terkait dugaan penodaan Pancasila sebagai simbol negara. Habib Rizieq datang didampingi lima orang tim pengacaranya, serta dikawal ratusan simpatisannya. Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri atas dugaan penodaan simbol negara Pancasila. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya