GP Anshor Tolak Pengukuhan Habib Rizieq jadi Imam Besar

Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab temui pimpinan DPR, Rabu, 11 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas menolak pengukuhan Muhammad Rizieq Shihab sebagai Imam Besar umat Islam di Indonesia.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Menurutnya, pengukuhan imam besar organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) itu justru tidak berdasar. "Itu mengada-ada, karena Islam tidak mengenal konsep imam besar. Dan apa itu imam besar? Imam besar musala kecil yang ada," kata Yaqut ketika dihubungi, Kamis, 12 Januari 2017.

Yaqut mempertanyakan, apa fungsinya dengan adanya pengukuhan Rizeq sebagai imam besar umat Islam itu. "Imam besar ini mau mengimami apa? Mengimami umat Islam, umat Islam yang mana? Umat Islam enggak merasa diimami sama dia, kan begitu," katanya.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Dengan demikian, beberapa pengurus GP Ansor seperti di Banten dan Batam dengan tegas menolak rencana pengukuhan Habib Rizieq sebagai imam besar umat Islam. "Kita tolak pengukuhan itu," ujar Yaqut.

Sebelumnya, Rizieq diberitakan dikukuhkan sebagai imam besar imat Islam Indonesia di Pesantren Al-Futuhiyah, Kampung Banjar Pahingeun, Lebak, Banten, Senin, 9 Januari 2017. (ase)

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024