Bercanda Bawa Bom, 2 WNI Ditahan Petugas Bandara Jeddah

LW, anak laki-laki Ibu UWD yang ditahan.
Sumber :
  • KJRI Jeddah.

VIVA.co.id - Dua warga negara Indonesia berinisial UWD (56) asal Jombang dan TKW (50) asal Magetan Jawa Timur tidak bisa pulang sesuai jadwal usai menunaikan ibadah umrah. Keduanya ditahan Kepolisian di Penjara Khusus Perempuan di daerah Dahban, Jeddah, Arab Saudi.

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Jalani Ibadah Umroh Bersama Istri, Ungkap Hal Ini

Dikutip dari keterangan resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, kejadian tersebut berawal saat kedua kakak-beradik tersebut ditemani anak laki-lakinya LW (30) telah berada di dalam pesawat Royal Brunei yang akan membawanya pulang dari Jeddah pada pukul 18.30 waktu Arab Saudi (WAS).  

Karena terlihat kesulitan, seorang pramugari menghampiri dan menawarkan bantuan untuk mengangkat barangnya.

Haru, Anggi Pratama Kenang Momen Umrah dengan Stevie Agnecya

"Berat banget bu. Koper ini apa isinya?" tanya paramugari dalam bahasa Melayu.

"Dari Arab Saudi masa bawa bom. Ya, oleh-oleh lah, Bu," jawab penumpang tadi.

AS Kirim Ribuan Bom Lagi Buat Bantu Israel

Gara-gara lontaran candaan bom ini, sang pramugari bergegas ke ruang pilot dan melaporkan ulah kedua penumpang tadi.

Sekitar setengah jam kemudian, sang pramugari kembali lagi bersama beberapa petugas keamanan dan penanggung jawab Maskapai Royal Brunei di King Abdulaziz International Airport (KAAIA), Jeddah. Kedua jemaah tadi langsung diminta turun dan dibawa oleh petugas keamanan.

Karena tak tega melihat ibu dan bibinya yang sudah tua digiring petugas, LW akhirnya meminta agar bisa ikut bersama mereka. Pesawat seharusnya berangkat pada pukul 18.30 WAS pada hari Selasa, 10 Januari akhirnya ditunda keberangkatannya hingga keesokan harinya.

Seluruh jemaah satu rombongan yang tengah berada di atas pesawat diminta turun dari pesawat dan dilakukan screening ulang dan cek bagasi. Pesawat baru diberangkatkan pada hari ini, Rabu, 11 Januari setelah tertunda lebih dari 14 jam.

Setelah menerima informasi ada dua jemaah WNI yang ditahan, Tim Pelayanan dan Perlindungan (Yanlin) KJRI Jeddah segera menugaskan staf konsuler untuk menindaklanjuti kasus ini.

"Staf kami tadi telah menemui  Wakapolres Bandara Jeddah, Mayor Qois Al Gamidi dan meyakinkan beliau bahwa perkataan kedua ibu-ibu itu sama sekali tidak ada maksud ancaman, tapi lontaran canda semata," kata Pelaksana Fungsi Konsuler-1 KJRI Jeddah, Dicky Yunus.

Sementara itu, LW untuk sementara ini ditampung di shelter KJRI, sambil menunggu penyelesaian kasus hukum yang menimpa ibu dan bibinya.

Menanggapi peristiwa ini, Konsulat Jenderal RI Jeddah M. Hery Saripudin mengimbau seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan pesawat agar menjaga sikap-perilaku dan menghindari perkataan yang dapat memicu kepanikan yang berpotensi mengganggu keamanan umum.

"Janganlah bertingkah tidak semestinya saat berada dalam pesawat agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang lain. Hindari ucapan atau perkataan yang bisa menimbulkan kepanikan yang berpotensi mengancam kesalamatan penerbangan," ujarnya menambahkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya