Reaksi Habib Rizieq Dikukuhkan jadi Imam Besar Umat Islam

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab, mengaku tidak mengetahui soal pengukuhannya sebagai Imam Besar umat Islam Indonesia. Di sejumlah pemberitaan, pria yang akrab disapa Habib Rizieq itu dikukuhkan sebagai Imam Besar umat Islam Indonesia.

Bangun Karakter Kebangsaan, Universitas MH Thamrin Gelar LDBN

"Saya tidak tahu menahu," kata Rizieq ketika ditemui di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 11 Januari 2017.

Rizieq menegaskan posisinya sendiri sebagai Imam Besar di FPI adalah keputusan Musyawarah Nasional FPI. Namun, jika ada kelompok masyarakat yang menginginkannya menjadi imam besar maka itu adalah hak mereka.

Gubernur Lepas Kontingen Pornas Korpri dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim

"Adapun kelompok-kelompok masyarakat atau umat yang ingin saya jadi imam besar mereka, saya pikir itu hak konstitusi mereka sebagai warga negara. Saya tidak dalam posisi setuju atau pun menolak," ujar dia.

Ia memastikan tidak pernah terlibat dalam persoalan itu. Rizieq menyerahkan sepenuhnya pada umat Islam jika mereka ingin mengangkatnya sebagai imam.

Moeldoko Cerita Awal Mula Kedekatan dengan Panji Gumilang dan Al Zaytun

"Yang jelas kalau itu kemauan daripada umat Islam maka kita harus serahkan kepada mereka dan para ulama mereka, untuk memusyawarahkan itu, dan itu bukan otoritas saya untuk menjawab," kata Rizieq.

Sebelumnya, Rizieq diberitakan dikukuhkan sebagai Imam Besar Umat Islam Indonesia di Pesantren Al-Futuhiyah, Kampung Banjar Pahingeun, Lebak, Banten, pada Senin malam, 9 Januari 2017. Sementara Pemerintah Kabupaten Lebak tak mengetahui pengangkatan Rizieq sebagai Imam Besar Umat Islam Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Kemenag Tagetkan 5 Ribu Pesantren Terima Inkubasi Bisnis hingga 2024, Saat Ini Baru 2.600

Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sarasehan Peningkatan Prestasi serta Kemandirian Pesantren di Jakarta International Expo (JIEXPO) Sabtu, 16 Desember 2023 kemarin.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2023