Kawanan Gajah Kepung Permukiman Warga di Pidie Aceh

Kawanan gajah liar yang mengepung permukiman warga di dua desa di Kecamatan Mila Kabupaten Pidie Aceh,
Sumber :
  • VIVA.co.id/tribratanews

VIVA.co.id – Belasan ekor gajah liar membuat ketakutan warga di Gampong Krueng Lala dan Babah Jurong, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie Aceh. Kawanan gajah Sumatera ini memasuki permukiman dan merusak tanaman milik warga, sejak Minggu, 8 Januari 2017.

Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

Kesaksian warga, kawanan gajah itu memang sudah setahun terakhir berada di hutan pinggiran kampung. Namun, baru kali ini masuk ke permukiman.

"Kawanan gajah liar tersebut telah mengepung permukiman warga. Malam hari warga terpaksa tidak tidur di rumahnya karena harus siaga," kata Kapolsek Mila Pidie, Iptu Anwar dilansir dalam laman tribratanews, Selasa, 10 Januari 2017.

Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

Upaya pengusiran kawanan gajah ini telah dilakukan dengan bantuan dari tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dengan menggunakan mercon. Sejauh ini, belasan mamalia darat terbesar itu telah berlari ke kawasan hutan.

"Saya imbau ke masyarakat yang berkebun, jangan beraktivitas dulu, mengingat gajahnya masih berkeliaran. Warga juga jangan memasang perangkap dan melukai gajah," kata Anwar.

Ilustrasi pembunuhan.

Pekerja Konter Pulsa di Aceh Tewas Dibunuh, Identitas Pelaku Masih Misterius

Seorang warga Kabupaten Pidie, Aceh Fajarullah ditemukan tewas mengenaskan di depan salah satu usaha pangkas di Desa Gla Meunasah Baro, Kruang Barona Jaya, Aceh Besar.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024