KPK Klaim Punya Data Jaringan Perdagangan Jabatan di Klaten

Bupati Klaten, Sri Hartini ditahan KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi optimistis segera menuntaskan kasus dugaan suap mutasi dan promosi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten. Apalagi KPK telah memiliki data terkait perdagangan jabatan tersebut. 

Tragedi Perkelahian Dua Lawan Satu di Klaten, Satu Tewas

Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan, pihaknya sudah memiliki daftar 'tarif' naik jabatan di Kabupaten Klaten. Mulai dari 'harga' naik jabatan eselon IV, hingga eselon III.

"Semua orang yang mau menjabat memberi (suap). Kami sudah miliki daftarnya. Eselon IV berapa (harganya), lalu eselon III berapa," kata Agus di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Senin 9 Januari 2017.

3 Pesilat Keroyok Seorang Bocah, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Selain itu, kata Agus, pihaknya juga telah mengantongi informasi mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan jabatan ini. Termasuk pihak yang menjadi pengumpul suapnya.

"Pemberi informasi langsung, ini jaringannya, lalu pengumpulnya juga," kata Agus.

Terkuak Alasan Kuburan di Klaten Dibalut dengan Cat Warna Warni

Menurut Agus, ini berbeda dengan perdagangan jabatan yang terjadi di pemerintahan daerah lainnya. Karenanya, Agus berharap kasus jual beli jabatan yang telah menjerat Bupati Klaten, Sri Hartini dan Kapala Seksi SMP Disdik Klaten, Suramlan ini dapat segera rampung. "Harapan saya kasus Klaten itu cepat (rampung)," ujarnya.


 

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Hari Ini, Tol Fungsional Jogja-Solo Bisa Dilintasi untuk Arus Balik Pemudik

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mulai mengoperasikan Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo pada hari ini, dan dapat langsung digunakan pemudik untuk kembali ke daerah asal.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024