Warga Asing Banyak Berulah, RI Mau Tinjau Lagi Bebas Visa

Ilustrasi/Penangkapan warga negara asing yang terlibat tindak kejahatan di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pemerintah mengaku akan mengkaji kembali kebijakan bebas visa bagi warga negara asing yang akan masuk ke Indonesia.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Ini menyikapi dugaan kebijakan bebas visa justru banyak dimanafaatkan WNA untuk masuk secara ilegal dan melakukan tindak kejahatan di Indonesia. Mulai dari tenaga kerja ilegal, perdagangan narkoba hingga ke tindakan terorisme.

"Sekarang juga sudah ada tim khusus nanti, leading sector-nya dari Menkumham untuk kembali melakukan evaluasi dari kebijakan bebas visa," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Jumat, 6 Januari 2017.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Menurut Wiranto, tim yang telah dibentuk itu, akan mengkaji kembali sejauh mana efektivitas bebas visa diberikan pada suatu negara. Salah satu dasar dari kajian tersebut terkait sejauh mana kontribusi negara yang diberi kebijakan bebas visa oleh pemerintah Indonesia.

"Karena kenyataannya banyak negara yang bebas visa dari keuntungan timbal balik yang kita peroleh itu tidak ada. Ini kita tinjau kembali," katanya.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

Atas itu, ia berharap kedepannya jangan sampai kebijakan bebas visa justru menjadi masalah untuk Indonesia. "Jadi intinya bebas visa yang tadinya kita arahkan untuk menarik wisatawan itu juga ternyata menimbulkan kerawanan," kata dia.

(ren)

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024