Dua Tahanan Kabur Polsek Percut Sei Tuan Ditembak Polisi

Polisi memeriksa ventilasi di rumah tahanan Polsek Percut Sei Tuan
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dua dari enam tahanan yang kabur dari ruang tahanan Polsek Percut Sei Tuan, yang berhasil tangkap harus dihadiahkan timah panas petugas kepolisian. Keduanya ditembak karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap lagi.

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

"Dua dari enam tahanan kabur bernama Abdi Lubis dan Dika Andrian terpaksa ditembak pada bagian kaki. Sebab, saat akan ditangkap melakukan perlawanan bahkan keduanya merupakan otak pelaku dalam aksi melarikan dari sel tahanan," ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Selasa, 3 Januari 2017.

Perburuan tahanan kabur dilakukan di beberapa kota di Pulau Sumatra, seperti ke Kota Medan hingga ke Kota Dumai, Provinsi Riau.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

"Untuk tersangka Abdi Lubis sempat melarikan diri bersama isteri dan ketiga anaknya ke daerah Kota Dumai. Namun pelariannya digagalkan setelah petugas yang mengetahui keberadaannya langsung melakukan pengejaran dan penangkapan. Sedangkan Dika Andrian ditangkap ketika tengah tidur di kediaman di daerah Labuhan Batu," katanya.

Saat ini, masih ada enam tahanan yang masih buron. "Kita imbau kepada para tahanan yang masih buron untuk menyerahkan diri. Apabila nantinya imbauan itu tidak diindahkan akan diberikan tindakan tegas," kata Sandi.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

Keenam tahanan yang masih dalam pengejaran di antaranya Yudi Sanjaya,Aprianto alias Black, Andes Sianturi, M Aldi Reza, Kasima Handayani (prempuan) dan M Tahir. 

"Untuk hukuman tambahan pasti diberikan kepada para tahanan kabur. Namun saat ini para tahanan kabur yang sudah ditangkap masih diperiksa untuk menentukan hukuman yang akan diberikan," ujarnya.

Untuk diketahui, ke-12 tahanan itu kabur setelah menggergaji jeruji besi ruang tahanan Polsek Percut Sei Tuan, Jumat , 30 Desember 2016. lalu mereka kabur dengan cara melompat rumah warga yang berada berdampingan dengan ruangan tahanan Polsek Percut Sei Tuan.

Ironisnya, saat para tahanan kabur yang terlibat berbagai kasus kejahatan petugas penjaga di Polsek Percut Sei Tuan dalam keadaan tertidur lelap. Selain itu, akibat kasus tahanan kabur tersebut Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Lesman Zendrato dicopot dari jabatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya