Cara Menhub Alihkan Arus Barang Selama Perbaikan Cisomang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id / Chandra Gian

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengalihkan arus distribusi barang dari Jakarta - Bandung maupun sebaliknya. Menurut dia, distribusi barang tidak lagi diangkut melalui truk kontainer, melainkan melalui transportasi kereta dan kapal laut.

Viral! Jembatan Rusak di Kabupaten Sergai Makan Tumbal, Seorang Warga Tewas

Rencana ini sejalan dengan dialihkannya truk bermuatan besar dari lokasi jembatan Cisomang, Tol Purbaleunyi kilometer 100+700, yang saat ini masih dalam proses perbaikan. Pengalihan ini akan tetap berlangsung, setidaknya hingga pertengahan Maret 2017.

“Insya Allah ini bisa dilakukan hari Selasa. Besok kita akan rapat, Selasa akan dilakukan,” ujar Budi, saat ditemui di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu 1 Januari 2017.

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Longsor hingga Merusak Jembatan di Selatan Garut, Kata BPBD

Budi menjelaskan, Kemenhub sebelumnya telah melakukan diskusi bersama PT Kereta Api Indonesia dan PT Pelindo terkait rencana tersebut. Dari pembicaraan awal, sekitar 60 kontainer rencananya akan diangkut langsung oleh Pelindo ke pelabuhan Tanjung Priok.

Secara presentase, hampir 15 persen moda transportasi yang melintasi wilayah Tol Purbaleunyi adalah truk bermuatan besar. Apalagi, dengan adanya pengalihan jalan, jalur alternatif yang dijadikan kontainer melintas pun dalam beberapa hari terakhir terpantau membludak.

Jembatan Gantung Rawayan di Tasikmalaya Amblas, Warga di Tiga Dusun Terisolasi

“Kami akan berkoordinasi dengan aparat Kepolisian. Seperti kemarin, macetnya lebih parah. Karena dari identifikasi Kepolisian, ada tikungan, dan agak menyulitkan kendaraan besar,” katanya.

Maka dari itu, diharapkan rencana tersebut mampu mengurangi intensitas kemacetan di sejumlah jalur alternatif yang disediakan. Selain itu, otoritas perhubungan pun akan terus berupaya mencari jalur alternatif lain, dengan pembangunan prasarana jalan selama perbaikan jembatan CIsomang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya