Bupati Klaten yang Ditangkap KPK Pemegang Rekor MURI

Bupati Klaten Sri Hartini
Sumber :
  • Klatenkab.go.id

VIVA.co.id –  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo membenarkan pihaknya menangkap sejumlah oknum terkait dugaan suap di Klaten, Jawa Tengah. Salah satunya, yakni Bupati Klaten Sri Hartini.

Hari Ini, Tol Fungsional Jogja-Solo Bisa Dilintasi untuk Arus Balik Pemudik

"Benar, salah satunya (Bupati Klaten)," kata Agus melalui pesan singkatnya, Jumat 30 Desember 2016.

Agus lebih jauh mengapresiasi kinerja tim KPK. Menurutnya, hasil penangkapan akan diumumkan secara lengkap usai pemeriksaan dilakukan pihaknya. "Ini OTT (operasi tangkap tangan) akhir tahun. Saya apresiasi untuk (tim) KPK di lapangan yang tak kenal lelah, tidak mengenal libur," kata Agus.  

Tragedi Perkelahian Dua Lawan Satu di Klaten, Satu Tewas

Lalu, bagaimana profil Sri Hartini? ?

Sri Hartini adalah istri dari mantan Bupati Klaten Haryanto Wibowo, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus proyek pengadaan buku paket tahun ajaran 2003/2004 senilai Rp4,7 miliar dan kasus penggunaan dana anggaran pendapatan belanja daerah untuk perjalanan ke luar negeri. Namun, kasusnya diberhentikan, karena Haryanto meninggal dunia.

3 Pesilat Keroyok Seorang Bocah, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Sri selaku Bupati bersama Sri Mulyani selaku Wakil Bupati Klaten, pernah mendapat penghargaan dari MURI kategori perempuan hebat dan pasangan perempuan pertama yang memenangkan Pilkada di akhir 2015 lalu. Piagamnya langsung diberikan oleh Sri Widati selaku perwakilan Museum Rekor Muri Semarang.

Meski demikian, masyarakat banyak menyebut bahwa daerah Klaten salah satu daerah politik dinasti. Sebab, sebelum menjabat Bupati, Sri Hartini adalah Wakil Bupati dari Bupati Sunarya, yang mempunyai istri Sri Mulyani (Wakil Bupati Klaten saat ini).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya