KPU Pusat Resmikan Kantor Baru di Hayam Wuruk

Peresmian ruang kantor baru KPU di Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Nadlir

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum RI meresmikan ruang kantor baru di Plaza Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Dibukanya kantor KPU baru tersebut, lantaran kantor KPU yang lama dianggap sudah tidak memadai.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Kebutuhan memiliki kantor yang representatif sudah lama ada. Karena, kantor di Jalan Imam Bonjol 29, Menteng, sudah tidak memadai," ujar Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, di Plaza Hayam Wuruk, Selasa 27 Desember 2016.

Menurut Juri, tak memadainya kantor lama adalah imbas banyaknya pegawai dan berkas atau dokumen yang menumpuk.

Usai Sidang Perdana Sengketa Pemilu Kubu Amin, Ketua KPU Bilang Begini

"Ada 549 satuan kerja, dengan personel 500 orang sekretariat dan 7 komisioner. Selain itu, banyak ruangan yang dipenuhi tumpukan kertas. Beban gedungnya yang buat khawatir," kata Juri.

Ia mengungkapkan, sejatinya KPU punya anggaran untuk membeli lahan tanah di daerah Cawang, Jakarta Timur. Lahan tersebut rencananya digunakan sebagai kantor terpadu, yakni KPU, Bawaslu dan DKPP.

KPU Terbukti Langgar Rekapitulasi Hasil Pemilu di Dapil Jatim VI

"Tahun 2012 akhir, kami ada anggaran untuk beli tanah. Tapi, itu kami tunda, termasuk rencana punya kantor terpadu," ungkapnya.

Karena itu, kata Juri, sebagai jalan keluar, dipilih ruangan kantor baru di Plaza Hayam Wuruk, bekas kantor Bank BRI. Kantor tersebut akan digunakan untuk ruang kerja Inspektorat KPU dan bagian Diklat Biro SDM.

"Kantor ini untuk bagian biro diklat SDM, supaya produktif. Gedung ini kami orientasikan juga untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan internal KPU," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya