Mabes Polri: Masih Ada Potensi Teror di Tahun Baru

Personel Densus 88 Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Tim Densus 88 Antiteror melakukan penggerebekan kelompok teroris Jatiluhur, Minggu, 25 Desember 2016. Dari penggerebekan tersebut, polisi mengamankan empat orang, yakni Ivan, Rizal, Abu Sofi dan Abu Faiz.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Dua di antaranya, yakni Ivan dan Rizal ditangkap dalam keadaan hidup, sementara Abu Sofi dan Abu Faiz tewas ditembak karena berusaha melakukan perlawanan kepada petugas.

Dari pemeriksaan yang dilakukan polisi, kelompok teroris Jatiluhur ini mengaku berasal dari jaringan teroris JAD (Jemaah Ansarut Daulah). Pihak kepolisian juga memastikan jaringan tersebut masih terafiliasi dengan ISIS.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

"Dari kelompoknya, mereka ini menamakan Jemaah Ansarut Daulaah. Tentang hubungan langsung dengan Bahrun Naim, masih dalam pendalaman. Yang jelas mereka ini terafiliasi dengan ISIS," kata Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto, di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 26 Desember 2016.

Sampai saat ini, polisi belum mengetahui apakah kelompok teroris Jatiluhur ini juga ada kaitannya dengan kelompok teroris Tangerang dan Bekasi yang sebelumnya juga diamankan kepolisian. Namun, Polri kini masih terus menggali keterangan lebih lanjut untuk mengetahui hal tersebut. "Secara langsung, belum kita temukan (hubungan teroris Jatiluhur-Bekasi-Tangerang). Ini bisa jadi sel yang terputus," kata Rikwanto.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Tetapi, yang perlu digarisbawahi, yakni masih adanya kelompok dari pelaku-pelaku teror lainnya yang berniat akan melakukan tindakan mengganggu semarak perayaan Natal dan Tahun Baru di Tanah Air. Maka itu, pihaknya akan bekerja keras memberantas aksi terorisme di Indonesia.

"Jadi diperkirakan masih ada pihak-pihak dari kelompok mereka untuk melakukan tindakan mengganggu event seperti Natal dan Tahun Baru, dan kantor-kantor polisi, khususnya polisi di lapangan. Mengantisipasi hal tersebut Densus tidak pernah berhenti melakukan penyelidikan," ujarnya
 

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023