Polisi Ungkap Target Teroris Jatiluhur di Malam Tahun Baru

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri kembali melakukan penggerebekan terhadap terduga teroris. Dalam operasi yang dilakukan di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, kepolisian menangkap dua terduga teroris, dan dua lainnya tewas ditembak.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, target teroris di Jatiluhur yaitu salah satu pos polisi yang berada di Kecamatan Bunder, Kabupaten Purwakarta. Pos polisi dipilih setelah para terduga teroris melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan target.

"Mereka memang ada berencana melakukan tindakan untuk melakukan serbuan ke Pos Polisi Bunder di sekitar Purwakarta. Mereka sudah survei ke beberapa tempat dan kesimpulannya mengambil pos pol," kata Rikwato saat Konferensi Pers di Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, 26 Desember 2016.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Rikwanto mengatakan, berdasarkan hasil interogasi aparat kepolisian, ada beberapa faktor yang membuat teroris Jatiluhur memilih pos polisi untuk menjadi targetnya. Salah satunya yaitu karena penjagaan pos polisi tidak begitu ketat.

"Dengan pertimbangan pos pol tersebut penjagaan sedikit. Dengan pertimbangan kalau penjagaan polsek dan polres besar. Dan penyerangan dilakukan saat malam tahun baru," ujarnya. (ase)

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023