Kelompok di Jatiluhur Diduga Siapkan Aksi Malam Tahun Baru

Ilustrasi/Personel Densus 88 Antiteror
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

VIVA.co.id – Kepolisian menduga kelompok teroris yang ditangkap di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, sudah menyiapkan skenario untuk melakukan aksi pada perayaan malam pergantian tahun nanti.

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Namun sebelum aksi itu sempat dijalankan, Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror berhasil menangkap dua terduga teroris berinisial I dan R, serta menembak mati dua terduga teroris lainnya bernama Abu Sofi dan Abu Fais.

"Ada dugaan (kelompok) di Jatiluhur ini akan beraksi di malam tahun baru," ucap Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Yusri Yunus, dalam perbincangan dengan tvOne, Minggu, 25 Desember 2016.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

I dan R saat ini sedang dibawa ke Jakarta dan menjalani pemeriksaan secara intensif, untuk mengetahui target serta perkembangan jaringan mereka. 

"Yang dua masih diperiksa. Kita juga masih tunggu sama-sama, karena memang Polda Jabar membutuhkan informasi koordinasi dari Densus, dan apa targetnya di Jabar kita masih tunggu," katanya.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Sebab, jika benar dugaan polisi mengenai rencana aksi di malam pergantian tahun, maka waktunya tinggal beberapa hari lagi. Selain itu, informasi mereka akan menjadi bahan yang berharga untuk menyiapkan langkah antisipasi.

"Untuk sebentar lagi ini kan ada pergantian tahun untuk kita bisa mapping (petakan)," ujarnya.

Tambahan informasi ini dibutuhkan untuk menguatkan pengamanan yang sedang dilakukan Polri selama Hari Raya Natal sampai Tahun Baru nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya