Misa Pontifikal di Katedral Berlangsung Khidmat

Ilustrasi misa di gereja Katedral.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Umat Kristiani di Jakarta sejak pagi berbondong-bondong memadati Gereja Katedral, Jakarta, untuk mengikuti misa Pontifikal yang dipimpin Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Gereja bernama resmi Santa Maria Diangkat ke Surga ini, mulai dipadati jemaat sejak pukul 06.00 WIB. Misa pagi itu dipimpin RM. Stephanus Bratakartana. 

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, ribuan jemaat yang berada di dalam gereja terlihat khidmat dan larut mengikuti misa. Mereka khusyuk memanjatkan beragam doa.

Katedral Dijadikan Tempat Disko Bikin Umat Kristen Murka

Media Relation dan Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral, Susyana Suwadie, mengatakan, sejak pagi pukul 06.00 WIB, misa Natal sudah berlangsung, dan menjadi bagian pertama dalam rangkaian misa. Dilanjutkan misa kedua pukul 07.30 WIB.

"Misa ketiga adalah Pontifikal pukul 09.00 WIB yang dipimpin Uskup Agung, ini khusus, dan umat-umat ingin sekali hadir dan mendengarkan khotbah Natal dan berkat khusus," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 25 Desember 2016.

Kunjungi Gereja Katedral, Kapolri Beri Pesan Jaga Persatuan di Tengah Perbedaan Pilihan Politik

Sementara itu, pukul 11.00 WIB, akan dilanjutkan misa keluarga dan anak-anak. "Di sana secara khusus khotbah yang disampaikan lebih dimengerti oleh anak-anak dan biasanya ditutup dengan pembagian bingkisan dari Katedral," ucapnya.

Untuk pengamanan, Gereja Katedral menjadi salah satu prioritas aparat keamanan. Meski begitu, situasi terlihat normal, dua alat pendeteksi logam dipasang di pintu masuk untuk memindai setiap orang. Mereka yang ingin masuk juga diperiksa isi tas oleh pihak keamanan gereja.

Pihak kepolisian terlihat bersiaga. Tampak mereka dibantu keamanan internal, juga didukung anjing dari unit K-9.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya