Jalin Hubungan Harmonis, Banser Jaga Gereja di Surabaya

Suasana di Gereja Katolik Redemptor Mundi, di Surabaya, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama di Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur, memiliki hubungan harmonis dengan Gereja Katolik Redemptor Mundi.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Wakil Rois Syuriah NU Kecamatan Sawahan, M Shochib, mengatakan, hubungan harmonis antara Banser dan gereja itu sudah terjalin sejak 21 tahun lalu. Menurut dia, ada peranan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam hubungan harmonis tersebut.

"Waktu itu Gus Dur memang sering mengisi di gereja ini, dan Banser ikut mendampingi," kata Shochib, di Surabaya, Sabtu, 24 Desember 2016.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Setelah itu, Banser pun diminta untuk terus menjaga gereja tersebut hingga saat ini. "Walaupun penjagaan mutlak sebenarnya tetap menjadi kewenangan pihak kepolisian, kami akan tetap membantu dari luar," ujar Shochib.

Shochib mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh Banser tersebut untuk memberikan kenyamanan beribadah umat beragama lainnya. Sebab, hal itu sudah menjadi bagian dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

"Islam itu kan membawa kedamaian bagi semua, makanya sekarang saat Natal kami juga menjaganya dengan mengerahkan 12 personel," kata Shochib.

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024